Pasir Putih Pantai Nan Indah


Siapa yang tak kenal akan keindahan Pantai Pasir Putih Situbondo? Mungkin bagi masyarakat Situbondo dan sekitarnya pantai ini sudah menjadi tempat kunjungan wajib ketika liburan tiba. Hamparan pasir putih dan keindahan taman lautnya menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun asing. Tak hanya itu, morfologi pantai inipun terbilang unik. Topografinya yang melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan membentuk gugusan panorama yang sangat indah. Ke arah utara, wisatawan dapat melihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih di pinggir pantai. Di belakangnya, rimbunan hutan menyajikan kesejukan tersendiri.

Pasir Putih merupakan salah satu tujuan wisata pantai andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena letaknya yang strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Wisatawan yang ingin menuju ke Bali atau menuju Gunung Bromo biasanya mampir untuk melepas penat dan menyaksikan keindahan panorama yang disuguhkan, terutama menikmati eloknya matahari terbenam (sunset).

Lokasi Pantai Pasir Putih terletak di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa  Timur. Jalur menuju Pantai Pasir Putih terbilang mudah karena posisinya di pinggir jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Arena wisata  pantai ini berjarak + 174 km dari Surabaya atau sekitar 4 jam perjalanan menggunakan bus (angkutan umum) dari terminal Bungurasih, Surabaya. Dari arah Situbondo, Pasir Putih berjarak + 21 km atau setengah jam perjalanan dari Kota Situbondo. Dari Ibu Kota Kabupaten ini, perjalanan menuju Pasir Putih dapat ditempuh dengan angkutan umum sepert bus dan minibus.

Ketika sampai di Pantai Pasir Putih, pengunjung ditawarkan berbagai wahana yang bisa mereka nikmati sepuas hati seperti snorkling, volley pantai, dan perahu layar yang dilengkapi kotak kaca untuk melihat terumbu karang dan berbagai jenis ikan. Untuk mereka yang belum mahir berenang, di sekitar tepian pantai terdapat banyak penyewaan ban-pelampung untuk bermain-main di tengah laut. Selain itu di ujung timur dari pintu masuk terdapat dermaga yang biasanya digunakan pengunjung untuk melihat ikan-ikan kecil di dekat bibir pantai. Pengelola wisata juga menyediakan fasilitas kamar mandi, musholla, dan beberapa tempat untuk beristirahat berupa bangku beton yang biasanya dekat dengan para penjaja makanan. Di tempat ini juga tersedia kios-kios yang menjual souvenir seperti replika perahu serta hiasan dan aksesoris dari kerang.

Bagi yang ingin menginap, di sepanjang lokasi pantai terdapat penginapan berupa hotel, motel, dan losmen. Sedangkan pengunjung yang ingin berkemah dan menikmati keindahan alam alami Perum Perhutani telah menyediakan tempat untuk berkemah yang terletak di sebelah selatan Pantai Pasir Putih. Biaya yang ditawarkan pun cukup bersahabat yakni sebesar Rp.25.000,00 per tenda. Dengan suasana yang mendukung, keindahan Pantai Pasir Putih pun dapat dinikmati dengan cara yang berbeda. Nah bagi Anda yang tertarik terhadap keindahan pantai ini, Anda bisa langsung berkunjung dan menikmati wahana yang disediakan dengan budget yang terjangkau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: